12/02/2020

Jangan Terlalu Berharap di SNMPTN


Pasti sekarang lagi bimbang di kelas 12, Semangat ya!
Mau share aja, ini cerita dulu pas aku di kelas 12, siapa tahu bisa jadi masukan atau saran buat kalian semua. Untuk teman-teman, adek-adek yang nilainya bagus dan masuk dalam siswa yang bisa mendaftar jalur SNMPTN jangan senang dulu. Jangan jadi malas belajar untuk ujian lain, hanya karena udah ada kesempatan daftar di PTN lewat jalur SNMPTN.

Aku dulu juga termasuk siswa yang bisa daftar SNMPTN dan berharap banyak di SNMPTN. Jadi, aku ga belajar buat SBMPTN. Dulu mikirnya kalau udah SNMPTN pasti lolos (PD banget wkwkwk) jadi aku belajar buat SPMB PKN STAN doang.

Kenapa aku bisa se-percaya diri gitu, karena aku daftar di PTN yang dulu kakak kelasku juga daftar di PTN tersebut. Terus, pas aku konsultasi di guru BK, kata beliau… dengan nilaiku ini bisa keterima di sana karena kakak kelasku yang keterima di PTN tersebut nilainya selisih sedikit di bawahku.

Alhasil, pengumuman SNMPTN aku ternyata ga lolos…
Adek-adek, SNMPTN itu ga ada yang tahu siapa yang bakal lolos. Kriteria seperti apa yang diinginkan PTN tu menurutku ga ada yang tahu. Di SMA waktu itu juga banyak yang nilainya lebih bagus malah ga keterima, tapi yang di bawahnya keterima. Jadi, jangan terlalu berharap di SNMPTN. SNMPTN itu seperti bonus dari nilai-nilai yang sudah diterima selama di sekolah. Kalau bonus jangan terlalu dipikir berat,belajar untuk keterima di PTN dengan jalur lain (seperti SBMPTN, UM, SPMB) juga harus tetap jalan.

Jujur, karena udah bisa daftar SNMPTN aku ga belajar UTBK untuk SBMPTN. Aku cuma fokus belajar buat SPMB PKN STAN.
Karena SNMPTN ku gagal, aku jadinya belajar UTBK untuk SBMPTN dengan waktu sesingkat itu dan sebanyak itu materinya. Jelas banget ga maksimal. Setelah pengumuman SBMPTN aku ternyata ga lolos, jelas banget ga lolos dong. Materi untuk SBMPTN itu ga bisa kalian SKS menurutku. Soalnya include semua materi dari kelas 10 - 12 dan logika.

Deg deg an pastinya karena ga tahu lagi mau kuliah di mana… Aku jadi benar-benar berusaha untuk lolos SPMB PKN STAN, karena kalau ikut UM orang tuaku belum bisa sampai sana uangnya. Tapi, untuk adek-adek yang perekonomian keluarganya mendukung. Bisa banget ikut jalur UM untuk PTN ataupun PTS yang diinginkan. Oh ya, jangan lupa libatkan orang tua di setiap usaha kalian…   

Kenapa ga ikut bimbel aja?
Kalau bimbel itu tergantung cara belajar adek-adek aja gimana, kalau pribadi aku sendiri orang yang belajarnya lebih suka dan paham belajar sendiri dan belajar sama temen-temen (diskusi). Pernah ikut bimbel dulu waktu SMP, tapi ya gitu nanti baru seminggu keluar. Jadi, ikutin aja cara belajar kalian seperti apa.

Kalau menurutku, bimbel bagus kok…
Jadi ada waktu-waktu tersendiri yang sudah diatur untuk belajar. Tapi, kalau udah ikut bimbel jangan lupa belajar lagi di rumahnyaaaa.

Cerita akhir di kelas 12 ini, akhirnya Alhamdulillah aku keterima di PTK yaitu PKN STAN yey. Aku ga tau PKN STAN itu apa tadinya, tapi orang tuaku pingin banget aku kesana, ya okelah anakmu ini akan berusaha mewujudkan keinginan orang tua :v
dan ternyata, lucunyaa yang masuk di PKN STAN itu kebanyakan orang-orang dengan keinginan orang tua juga wkwkwkk. Tapi dengan ini pasti orang tua akan senang. Kalau ga sekarang kapan lagi buat mereka senang kan?

Semangat <3

Oh ya, catatan untuk adek-adek kelas 12. Jangan lupa selalu cek tanggal-tanggal penting. Terus cari informasi pendaftaran perguruan tinggi. Soalnya, dulu aku ketinggalan info tes SPA Polines :"(. Pokoknya jangan lalai yaaa. Semangat 💓

0 komentar:

Posting Komentar