27/09/2016

Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

Pada jenjang SMA sederajat sudah ada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam kesempatan kali ini saya akan memaparkan Tahapan Penterjemahan Budaya Nonbenda menjadi sebuah KERAJINAN.


Sebelum menuju ke Tahapannya tentunya di daerah kalian memiliki sebuah kekhasan seperti : Batik, Anoa, Burung Cendrawasih dan lain-lain. Cerita rakyat dan legenda dari daerah kalian juga bisa dijadikan sebagai sebuah kerajinan. Baiklah saya akan memaparkan tahpannya.

1. Tentukan sebuah simbolis dari ciri budaya di daerah kalian.
    Dalam tahp ini kalian tentukan apa yang akan kalian gambarkan. Contohnya seperti Burung Cendrawasih. Jadi, kalian gambarkan simbolis tentang Burumg Cendrawasih. Misalnya tubuhnya, bulunya, atau yang lain.
2. Cari makna dari simbol yang kalian pilih.
     Dalam tahap ini, kalian harus tahu mengenai makna dari simbol yang kalian pilih. Misalnya tadi Burung Cendrawasih yang memiliki makna Keindahan.
3. Buat kata kunci untuk sebuah simbolis yang kamu pilih.
     Di tahap ini kalian buat kata kunci yang menyatukan simbolis dengan makna  yang terkandung didalamnya. Misalnya tadi Burung Cendrawasih yang Indah. Jadi Kata kuncinya yaitu : Burung Cendrawasih dan Keindahan.
4.Tentukan kerajinan yang akan dibuat, dengan kata kunci yang sudah anda buat.
    Di tahap ini kalian tentukan apa yang cocok untuk kata kunci tadi. Misalnya Taplak meja dengan motif Burung Cendrawasih dan bulunya yang indah atau yang lainnya
     
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

2 komentar: